Panduan SEO Pemula: Faktor Sukses Konten Pada Website

Panduan SEO Pemula: Faktor Sukses Konten Pada Website. Hallo sobat Blogger Personal, pada postingan kali ini saya akan mengulas artikel tentang Panduan SEO Pemula: Faktor Sukses Konten Pada Website


Panduan SEO Pemula Faktor Sukses Konten Pada Website

Untuk panduan SEO pemula konten sebuah artikel merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam upaya online marketing, sebuah konten tentu wajib mendapatkan prioritas lebih tinggi ketika kita sedang berurusan dengan Search Engine Optimization atau mesin pencari. Oleh sebab itu, tidak heran bila sebuah konten dijadikan sebagai salah satu faktor penting dalam panduan SEO untuk pemula.

Dalam panduan SEO pemula ini ada 6 faktor turunan yang akan dibahas pada artikel Panduan SEO Pemula: Faktor Sukses Konten Pada Website ini sesuai dengan fungsi masing-masing serta sesuai dengan tingkat kepentingannya.

1. Panduan SEO pemula - Faktor Cq – Content Quality (Kualitas Sebuah Konten)

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa faktor kualitas dari sebuah konten menjadi salah satu faktor sukses konten pada website atau faktor penting bagi upaya SEO yang akan kita lakukan untuk mengembangkan Blog. Kita bisa membayangkan, mesin pencari saat ini sudah diisi jutaan atau bahkan miliaran konten informasi dari berbagai bidang atau kategori. Ketika kita mencoba untuk terlibat dalam sebuah persaingan ketat tersebut, namun bila kita tidak mempunyai sebuah konten yang sangat berkualitas untuk disajikan kepada para pengunjung, tentu para pengunjung itu tidak mempunyai satu alasan untuk mau mengunjungi website kita.

Dari situlah kita harus memikirkan tentang sebuah value atau sebuah nilai yang lebih termasuk apa yang dapat kita tawarkan kepada pada pengunjung. Value atau nilai yang lebih tersebut bisa kita tawarkan dalam bentuk keunikan sebuah konten, tentunya sebuah konten yang berbeda, mempunyai banyak manfaat serta penjelasan yang padat dan lengkap yang akan menjadikan sebuah konten milik kita akan lebih unggul dari konten-konten lain.

Dalam panduan SEO pemula faktor Cq atau kualitas sebuah konten, memiliki tingkat dengan skala +3 yang dapat diartikan sangat penting untuk panduan SEO pemula dan harus segera diterapkan.

2. Panduan SEO Pemula - Faktor Cr – Content Research (Riset Sebuah Konten)

Setelah kita sudah menyajikan sebuah konten yang sangat berkualitas langkah-langkah berikutnya adalah dengan menjalankan sebuah riset konten atau juga bisa disebut dengan istilah keyword research. Bagi orang-orang yang tentunya sudah lama mendalami ilmu dunia internet marketing maka tentunya hal ini tidak asing lagi dengan adanya istilah keyword research.

Untuk dapat menerapkan hal tersebut, saat ini sudah tersedia cukup banyak berbagai tools yang dapat kita manfaatkan baik itu tools yang gratis atau tools yang premium dengan adanya tambahan dan kelebihan masing-masing. Namun bagi para pemula, bisa mencoba tools gratis yang telah disediakan Google yaitu Tools Google Keyword Planner yang bisa sangat membantu untuk melakukan riset keyword jika mampu dimanfaatkan secara maksimal.

Hal yang terpenting tentang faktor ini adalah bagaimana kita dapat menemukan sebuah keyword atau sebuah kata kunci yang tepat dan sesuai untuk konten blog kita. Karena kita akan mencoba memenangkan persaingan kata kunci di mesin pencari lewat sebuah upaya SEO, hal ini yang harus segera dilakukan adalah mencoba menemukan sebuah kata kunci yang banyak diketik oleh para pengunjung lewat mesin pencarian google.

Panduan SEO pemula untuk Faktor Cr yaitu Content Research (Riset Sebuah Konten) Memiliki tingkatan urgensi yang sama-sama penting, faktor Cr ini juga bisa dilabeli dengan skala +3 hal ini dapat diartikan sangat penting.

3. Panduan SEO Pemula - Faktor Cw – Content Words (Penggunaan Sebuah Kata Kunci)

Setelah kita melakukan sebuah riset keywords, pertanyaan kita selanjutnya yaitu apakah kita sudah mampu menerapkan keyword yang kita targetkan tersebut dengan semaksimal mungkin pada konten blog kita. mungkin faktanya, meskipun sebuah konten yang sudah kita buat itu sangat menarik, konten yang unik dan sudah dilengkapi dengan beberapa tambahan tentang data-data faktual, tetapi mungkin tetap saja tidak bisa mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya jika kita ternyata gagal untuk penerapan keywords tersebut.

Inilah waktu yang tepat untuk melakukan editing!

Hal yang cukup menarik adalah, perkembangan salah satu teknik SEO dalam beberapa tahun yang akan datang tentu algoritma mesin pencari tidak akan bisa tetap tetapi akan terus berubah setiap tahunnya. Beberapa tahun yang lalu, salah satu bentuk pemikiran terhadap penggunaan sebuah keyword yang dirasa akan mampu memberikan efek yang positif adalah dengan menggunakan salah satu teknik keyword density atau seberapa banyak keyword tersebut akan muncul dalam sebuah artikel atau konten, sebagian orang ada yang menyebut dengan angka 2,45% mungkin ini merupakan angka yang pas, tapi sebagian orang lainnya mempunyai ukuran keyword density dengan berbeda-beda, dan akan masih banyak ukuran lain.

Namun saat ini sudah tidak lagi, karena saat ini ukuran sebuah keyword density mungkin sudah sangat ambigu dalam upaya penerapan SEO. Oleh sebab itu ketika kita ingin mencoba bersaing untuk salah satu keyword tertentu, maka langkah yang tepat adalah dengan mencoba menerapkan salah satu keyword tersebut dengan natural dan tidak terkesan untuk dipaksakan.

Tidak kalah penting juga, kita bisa mencoba menambahkan tekhnik semantik keyword atau bisa disebut dengan keyword yang masih sangat berhubungan dengan sebuah keyword utama.

Panduan SEO pemula Untuk faktor Cw yaitu Content Words (Penggunaan Sebuah Kata Kunci), tingkat kepentingan faktor ini adalah kira-kira +2 hal ini patut juga diperhitungkan meskipun data tersebut masih di bawah dua faktor yang sebelumnya sudah kita bahas.

4. Panduan SEO Pemula - Faktor Cf – Content Freshness (Sebuah Konten yang “Fresh”)

Mesin pencari akan selalu menyukai sebuah konten yang baru. Maka kata baru itulah yang akan merepresentasikan salah satu istilah freshness dalam faktor Panduan SEO yaitu Content Freshness.

Khusus untuk mencoba mengukur tentang faktor yang satu ini, sebuah mesin pencari Google bahkan telah mempunyai sebuah algoritma khusus yaitu diberi nama Query Deserved Freshness (QDF). Mungkin istilah tersebut masih jarang didengar oleh para blogger namun efeknya mungkin sudah banyak dirasakan oleh para blogger atau para internet marketer.

Secara singkat istilah, QDF akan digunakan ketika ada salah satu kata kunci yang mungkin tiba-tiba mengalami sebuah tingkat pencarian yang sangat banyak dicari. Hal ini sudah umum ditemukan saat sedang terjadi sesuatu hal yang mungkin menjadi viral, baik itu tentang orang, tentang event atau tentang adanya fenomena baru.

Pada saat itulah QDF mulai bekerja untuk dapat menyeleksi tentang salah satu konten mana yang muncul dihalaman pertama pencarian google atau akan ditampilkan terlebih dulu dalam hasil google pencarian dari sebuah keyword yang saat itu sedang menjadi salah satu trending. Sistemnya yaitu, QDF akan bekerja untuk menampilkan konten atau artikel mana saja yang dinilai konten paling baru atau konten fresh dari konten-konten yang sudah ada.

Sebagai contoh yaitu, ketika pada hari biasanya untuk hasil pencarian dengan kata kunci “Bencana Badai”, mungkin akan lebih merujuk pada salah satu situs-situs besar atau situs-situs milik perusahaan besar. Namun ketika sedang terjadi sebuah bencana badai, seperti badai catrina, maka tingkat pencarian salah satu kata kunci tersebut akan meningkat secara drastis, maka sistem QDF akan secara langsung menyeleksi situs-situs mana saja yang akan menyajikan konten atau artikel yang paling baru.

Untuk yang lagi beruntung, tentu hal itu akan mendapatkan guyuran traffic dengan jumlah yang sangat besar selama untuk beberapa hari atau mungkin untuk beberapa minggu ke depannya. Setelah adanya efek dari QDF sudah selesai, maka traffic yang masuk tersebut tentunya juga akan kembali secara normal.

Namun yang perlu lebih diperhatikan lagi, QDF merupakan bukan satu-satunya sistem yang selalu digunakan untuk dapat menentukan suatu hasil pencarian, mesin pencari seperti Google Search Engine juga tetap akan mengutamakan beberapa faktor yang lain dalam hal perankingan sebuah situs.

Untuk penilaian Faktor Cf – Content Freshness (Sebuah Konten yang “Fresh"). besar skalanya kurang lebih adalah +2.

5. Panduan SEO Pemula - Faktor Cv – Vertical Search (Sebuah Pencarian Vertikal)

Salah satu faktor kesuksesan SEO berikutnya yaitu pencarian vertikal atau istilahnya vertikal search. Apa itu yang dimaksud vertical search? Jadi istilah mudahnya, pencarian vertikal adalah suatu hasil pencarian yang akan dibagi lagi menjadi sebuah hasil pencarian lain dalam artikel atau konten yang berbeda-beda.

Sebagai contohnya, ketika kita mencari sesuatu informasi di mesin pencari dengan menggunakan sebuah keyword atau kata kunci tertentu, maka kita akan mendapati sebuah hasil pencarian yang berisi daftar situs-situs yang memberikan informasi yang kita cari. Hal ini bisa disebut sebagai horizontal search.

Lalu jika kita memperhatikan hasil pencarian lain yang lokasinya berada di sebelah kanan daftar pencarian, yakni bentuk sebuah konten lain seperti konten sebuah gambar, konten video, konten berita dan lain-lain. Nah itulah yang bisa disebut dengan istilah vertical search.

Dalam menerapkan upaya sebuah SEO, yang harus segera kita lakukan adalah dengan membuat konten dalam bentuk lain selain membuat konten artikel saja. Kita juga bisa membuat konten gambar pendukung atau konten video yang masih tetap berhubungan dengan keyword yang sudah kita tertarget. Jika mungkin nantinya, sebuah konten gambar atau konten video milik kita itu bisa masuk dalam sebuah hasil pencarian, maka hal itu, tentu akan memberikan efek yang sangat positif untuk situs kita, yang artinya yaitu posisi situs kita pada mesin pencari akan semakin ikut naik juga.

Karena dampak Faktor Cf – Content Freshness (Sebuah Konten yang “Fresh”) yang diberikan untuk situs kita juga cukup besar, maka faktor pencarian vertikal ini mempunyai nilai skala +2.

6. Panduan SEO Pemula - Faktor Ca – Direct Answers

Dalam rentan beberapa waktu yang lalu, kurang lebihnya ketika memasuki akhir tahun 2015, saat itu Google mempunyai sebuah fitur baru yaitu Direct Answers. Maka sesuai dengan namanya, salah satu fitur ini berfungsi untuk dapat menjawab secara langsung seperti pertanyaan yang diajukan semua orang melalui sebuah kolom pencarian.

Mungkin pertanyaan tersebut misalnya “siapakah presiden indonesia”, “mengapa bumi itu bulat”, dan lain-lain.

Ketika para pengguna sedang mengetikkan sebuah kata kunci dalam bentuk sebuah pertanyaan seperti yang diatas, maka nantinya pengguna juga bisa langsung dapat mengetahui sebuah jawabannya. Dan jawaban ini, bisa saja dalam beberapa bentuk.

Untuk bentuk yang pertama yaitu, sebuah box khusus yang hanya berisikan sebuah jawaban (seperti contoh pertanyaan“siapakah presiden indonesia”), tetapi bisa juga akan berbentuk seperti ulasan singkat dan jelas yang diambil dari beberapa situs situs tertentu, ulasan tersebut nantinya juga akan memberikan sebuah link kredit bagi situs-situs yang sudah dicantumkan (seperti contoh pertanyaan “mengapa bumi itu bulat”).

Yang menarik hal ini adalah, meskipun hingga saat ini masih saja terjadi perdebatan tentang apakah ketika sebuah situs-situs dijadikan referensi sebuah Direct Answers, maka situs itu akan sangat diuntungkan atau justru malah situs tersebut akan dirugikan?

Memang diuntungkan karena akan mendapat link kredit langsung dari Google, namun bisa jadi dirugikan karena jawaban yang dibutuhkan oleh pengguna bisa langsung terjawab tanpa harus masuk ke situs tersebut.

Namu hal itu, kabarnya beberapa situs yang telah masuk dan menjadi salah satu referensi bagi Direct Answer maka akan tetap diuntungkan. Alasan yaitu yang pertama, adalah bisa saja sebuah kepercayaan dari Google bagi situs tersebut. Kepercayaan yang dimaksud ini bukan tidak mungkin akan sangat menguntungkan untuk suatu hasil pencarian dengan keyword lain pada situs kita.  Alasan yang kedua adlah, kabarnya situs-situs yang telah masuk direct answer juga akan tetap mendapatkan sebuah traffic pengunjung yang cukup banyak karena mungkin para pengunjung juga ingin mengetahui tentang informasi yang lebih lengkap lagi.

Karena Faktor Ca – Direct Answers ini cukup penting, maka faktor Ca akan mendapat nilai skala +1.

Baca juga :Cara Agar Website Tampil Dihalaman Pertama Google

Selesai sudah pembahasan kita kali ini tentang Panduan SEO Pemula: Faktor Sukses Konten Pada Website. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Panduan SEO Pemula: Faktor Sukses Konten Pada Website"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel